Sumenep Bebas Vaksin Palsu

oleh -1.046 views

Penulis : Nt
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com
Kecemasan masyarakat terhadap peredaran vaksin palsu tidak perlu dimunculkan. Sebab, untuk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipastikan bebas dari vaksin palsu.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Fatoni, menjelaskan, selama ini pembelian vaksin dilakukan melalui APBD I dan II, sehingga vaksin tersebut langsung dari Kementerian Kesehatan.

“Kami tidak pernah membeli vaksin dari pihak lain, tapi langsung dari Kementerian Kesehatan,” terang Fatoni, Senin (25/7/2016).

Ia meminta masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap isu beredarnya vaksin palsu itu, karena di Sumenep steril dari vaksin palsu.

“Warga Sumenep harus tetap tenang. Kami pastikan vaksin palsu tidak sampai di Sumenep,” tukasnya.

Bahkan, lanjut Fatoni, ketersediaan vaksin disejumlah klinik dan tempat dokter berpraktek, juga aman. Sebab, mereka membeli melalui Dinkes setempat.

“Jadi, semua vaksin baik dipuskesmas maupun di klinik dan dokter praktek diluar instansi pemerintah aman-aman saja. Mereka membelinya melalui kami,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, guna memastikan Sumenep bebas dari vaksin palsu, pihaknya mengaku sudah melakukan sweeping terhadap klinik dan tempat praktek dokter.

“Pada minggu pertama bulan puasa kemarin kami melakukan sweeping terhadap klinik dan tempat praktek dokter, hasilnya alhamdulillah tidak ditemukan vaksin palsu,” ungkapnya.