Pejuang Veteran Berpesan Jauhi Praktek Korupsi

oleh
Pejuang Veteran Saat Wawancara Dengan Wartawan di Pendopo Keraton Sumenep

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPara pejuang Kemerdekaan RI di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang hidup di era tahun 1918 atau yang biasa disebut dengan “Pejuang Veteran” Jum’at pagi 19 Agustus menghadiri acara ramah tamah dan  tasyakkuran di Pendopo Keraton yang digagas oleh Pemkab setempat.

Salah seorang Veteran Moenawi (99) mengatakan, hidup di zaman sekarang yakni era Kemerdekaan sudah enak, sangat berbeda dengan hidupnya 90 tahun silam.

“Enak sekarang, namun yang sangat berat saat melawan hawa nafsu sendiri untuk menguasai segala sesuatu hanya karena nafsu,” Kata Bapak Moenawi pejuan Veteran yang hidup dari era 1918.

Moenawi yang merupakan warga di Kelurahan Bangselok, Kecamatan Kota Sumenep itu mengakui, Kemerdekaan sangat susah diraih, makanya mempertahankannya dan memeliharanya merupakan kewajibam mutlak supaya tidak diambil kembali oleh pihak asing.

“Darah, nyawa, harta benda, sanak saudara adalah taruhannya pada waktu itu, sangat miris bila diingat dimasa sekarang,” katanya menjelaskan.

Bila ditarik ke era zaman sekarang lanjut Moenawi, musuh yang nyata di depan kita semuanya adalah perilaku atau perbuatan melawan hukum seperti Korupsi, karena dalam hitungan 10 tahun  ini Indonesia selalu ramai dengan persolan korupsi.

“Makanya kami minta kepada bapak pejabat yang bertugas mengurus Sumenep, bekerjalah dengan hati dan jujur, jangan lakukan Korupsi karena merusak karakter bangsa,” Katanya menambahkan.

Bapak Moenawi juga mengemukakan, saat ini Kemerdekaan sudah diraih bahkan setiap tahunnya kita selalu merayakan HUT nya dengan berbagai macam cara. Namun sekali lagi yang susah adalah cara kita merawat bangsa dengan baik.

“Kita sudah merdeka cara menjaganya saat ini adalah jauhi perilaku untuk tidak berbuat korupsi, mari majukan bangsa kita dengan tidak berbuat korupsi,” Paparnya menegaskan.