Bulan Ramadhan,Kegiatan Warga Binaan Rutan Sumenep Ditingkatkan

oleh -1.000 views

Penulis : Nt
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com

Sebanyak 147 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II-B Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjalani rutinitas yang tidak biasanya. Selama bulan Ramadhan 1437 Hijriyah, kegiatan ratusan warga binaan lebih ditingkatkan pada kegiatan bernuansa keagamaan. Seperti pengajian, shalat tarawih berjamaah, tadarusan, dan buka puasa serta makan sahur bersama.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sumenep, Mohammad Kaffi menjelaskan, kegiatan keagamaan ini dijadikan rutinitas selama bulan puasa tahun ini.

“Kami memang sengaja memaksimalkan kegiatan keagamaan bagi warga binaan di Rutan Sumenep ini. Kami ingin memperbaiki iman para warga binaan,” terang Kaffi, Kamis (9/6/2016).

Ia menuturkan, setiap tahun pada bulan ramadhan, kegiatan keagamaan menjadi prioritas utama yang diselenggararakan di lingkungan Rutan Sumenep.

“Setiap hari, selain pembinaan membatik dan lainnya pada siang hari. Maka malam hari ditambah shalat taraweh, tadarus dan saur bersama,” tukasnya.

Bahkan, lanjut Kaffi, pihaknya juga memberikan tambahan waktu kunjungan kepada keluarga warga binaan, yakni hingga jam 12.30 di siang hari. Dan pada sore hari di buka kembali untuk titipan barang seperti makanan berbuka puasa dan untuk sahur.

Saat ini jumlah warga binaan di Rutan Sumenep sebanyak 147 warga binaan, terdiri dari tahanan 78 orang, nara pidana (napi) 67 orang dan tahanan wanita sebanyak 2 orang.