Bahan Peledak Peninggalan Penjajah Dimusnahkan Di Bangkalan

oleh

Sorotpublik.com – Bangkalan, Bahan leledak berjenis mortir, granat, dan peluru serta kaliber, dimusnahkan aparat kepolisian di Gunung Ceneng, Pendabah, Kamal. Pemusnahan bahan peledak tersebut dilakukan langsung tim Gegana Brimob Polda Jatim, selasa (12/1/2015).

Lokasi ini dipilih karena relatif lebih aman untuk memusnahkan bahan berbahaya tersebut. Selain terletak di wilayah pegunungan karena juga jauh dari pemukiman penduduk. Titik peledakannya pun ditempatkan di dalam jurang bekas galian kapur di tempat ini.

Kapolsek Socah AKP Sumono menerangkan, ada ratusan bahan peledak yang dimusnahkan. Yakni 1 mortir, 20 granat dan 700 peluru kaliber 12 mm. “Selama ini kami simpan di gudang Mapolsek Socah”,ujarnya

Ia juga menambahkan, ratusan bahan peledak yang masih aktif ini merupakan peninggalan penjajah. Seorang warga setempat menemukannya tahun 2010 lalu saat membuat galian septi tank di pekarangan rumahnya. “Mungkin peninggalan jaman penjajahan Jepang atau Belanda. Namun yang pasti masih aktif dan berbahaya”,ungkap Sumono. (Hai/Fin)

*MC