Satu Penderita DBD Meninggal, Dinkes Lakukan Foging

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep melakukan fogging atau pengasapan di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pengasapan dilakukan setelah satu orang meninggal karena Deman Berdarah Dengue (DBD).

“Tentunya kami semuanya tidak ingin ada korban lagi,” kata Mulyadi, petugas fogging, Jum at 24 Februari 2017.

Kata Mulyadi, pengasapan dilakukan mulai dari rumah Mirza Afifah, 4, yang meninggal karena DBD, hingga radius 200 meter. Sehingga, DBD tidak menyebar.

Ibu Mirza hingga kini mengaku masih belum percaya anaknya meninggal lantaran DBD. Menurutnya, tes darah yang dilakukan pada hari kedua Mirza sakit dinyatakan negatif DBD.

Pada hari keempat, Mirza kembali menjalani tes darah. Lagi-lagi, hasilnya negatif DBD. “Di hari kelima anak saya sakit, dilakukan tes darah lagi. Hasilnya baru positif deman berdarah. Kami langsung membawanya ke rumah sakit Islam dekat sini, tapi sudah tidak tertolong,” ucap Ririn menjelaskan.

Sementara, Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Dwi Regnani mengatakan, penderita DBD di Sumenep dari Januari hingga Februari tercatat ada 50 orang. Jumlah penderita DBD disebutnya terus menurun dari waktu ke waktu.

“Turunnya jumlah penderita DBD tidak lepas dari kesadaran masyarakat untuk hidup bersih,” paparnya.