Warga Yang Ikut Program Balik Gratis Jauh Dari Target

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMSabtu pagi 1 Juli 2017, sebanyak 155 warga memanfaatkan program bus balik gratis di rute Sumenep-Surabaya yang merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa Lebaran 2017.

Kepala Dishub Sumenep, Sustono mengatakan, jumlah  warga yang ikut bus balik gratis pada masa Lebaran 2017 memang di bawah kuota yang ditetapkan.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan empat bus berfasilitas mesin pendingin ruangan sebagai armada balik gratis di rute Sumenep-Surabaya, masing-masing berkapasitas 58 penumpang,” ucapnya.

Menurutnya, pendaftaran peserta bus balik gratis pada masa Lebaran 2017 menggunakan sistem dalam jaringan. Pihaknya menduga sistem pendaftaran baru ini menjadi salah satu penyebab kurang maksimalnya jumlah peserta yang tidak tahu.

“Makanya jumlah balik gratis jauh dibawah target, selain itu, sebagian warga Sumenep yang mudik diduga telah balik ke tempat perantauannya pada hari-hari sebelumnya,” paparnya.

Lebaran sebelumnya, pendaftaran peserta bus balik gratis bersistem manual, yakni warga datang langsung ke sejumlah lokasi pendaftaran dan menelpon ke sejumlah nomor telepon yang telah ditentukan.

Namun demikian, Sustono berharap Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap memprogramkan bus balik maupun mudik gratis pada masa Lebaran mendatang. Sebab kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat.

Sedangkan empat bus balik gratis ke Surabaya pada masa Lebaran 2017 itu diberangkatkan dari depan Kantor Dishub Sumenep di sebelah selatan Terminal Bus Arya Wiraraja.