Tanah Longsor Sebabkan Aktivitas Warga Lumpuh Total

oleh

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Akibat terjadinya bencana Tanah Longsor di Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menyebabkan aktivitas warga menjadi lumpuh. Pasalnya, reruntuhan longsor menutupi ruas jalan utama yang menghubungkan 5 dusun di Desa Curah Tatal, yakni Dusun Cobbhuk, Dusun Mindi, Dusun Betellok, Dusun Kacep, dan Dusun Taman Rejo lumpuh total.

Arsiyadi warga Dusun Betellok mengungkapkan, terjadinya tanah longsor disebabkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur  Desa Curah Tatal selama 3 jam lebih. Meskipun tidak menelan adanya korban jiwa, namun bencana tersebut cukup membuat warga panik dan aktivitas warga setempat menjadi lumpuh total.

“Kami bersyukur, dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya membuat aktivitas warga terhenti karena akses jalan satu-satunya tertutupi tanah langsor,” ungkapnya, Rabu (28/02/2018).

Arsiyadi menjelaskan, guna mengembalikan aktivitas warga pulih kembali masyarakat dengan peralatan seadanya melakukan gotong royong membersihkan timbunan tanah longsor. Selain itu, pemuda penggerak desa itu berharap kepada masyarakat agar tidak menebang pohon secara sembarangan, karena hal itu dapat berpotensi menimbulkan bencanan alam.

“Masyarakat sadar untuk tidak menebang pohon sembarangan, karena salah satu faktor terjadinya bencana alam disebabkan oleh pengrusakan alam oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.