Tambahan Kuota Haji Tahap Kedua Sebanyak 20 Orang

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapat tambahan kuota haji tahap kedua sebanyak 20 orang untuk Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2017.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Sumenep, Moh Rifai Hasyim menjelaskan, tambahan kuota haji yang ditetapkan Pemerintah dilakukan dua tahap, yakni ketika kuota Nasional ditetapkan 80 persen tambahan kuota untuk Sumenep 108 CJH dari kuota awal 386 CJH.

“Setelah ada kebijakan kuota Nasional dikembalikan 100 persen, maka Sumenep kembali mendapat tambahan sebanyak 20 CJH, sehingga total warga Sumenep yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 514 CJH,” menjelaskan. Senin (10/04).

Menurutnya, tambahan kuota itu akan disesuaikan dengan nomer porsi haji dengan memperioritaskan calon jemaah yang belum pernah menunaikan rukun islam ke lima tersebut.

“Instansinya akan mencari data dan mengumpulkan data dari 514 CJH yang sudah punya paspor dan masih berlaku,” paparnya.

Data yang tercatat di Kemenag, dari 514 CJH itu sekitar 86 orang yang paspornya masih aktif hingga waktu pemberangkatan nanti, sedangkan sisanya akan dibantu pengurusannya di kantor imigrasi Kabupaten Pamekasan.