Rumah Warga Desa Panguragan Cirebon Diterjang Angin Puting Beliung

oleh
Kondisi sebagian rumah warga Desa Panguragan Kulon, Kabupaten Cirebon pasca diterjang angin puting beliung. (Foto: Sigit/SorotPublik)

Penulis: Sigit/Kiki

CIREBON, SOROTPUBLIK.COM – Angin puting beliung menerjang kawasan Desa Panguragan Kulon dan sekitarnya di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu sore (30/12/2018). Akibatnya, diperkirakan ratusan rumah di desa tersebut porak-poranda tersapu hembusan angin kencang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman mengatakan, peristiwa angin puting beliung menyapu wilayah Desa Panguragan itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Dari Peristiwa itu, Eman menyebutkan tercatat sudah satu orang menjadi korban keganasan angin puting beliung. Korban merupakan seorang bayi berusia dua tahun, asal Blok Karang Moncol, Desa Panguragan Kulon.

“Keterangan sementara, sudah ada satu korban, yaitu bayi dua tahun dan warga yang mengalami luka-luka cukup banyak. Kami belum mendata semuanya, ada ratusan rumah rusak. Kami masih di lokasi untuk mengevakuasi,” ujarnya, Minggu (30/12/2018).

Terpantau di lokasi, angin meliuk-liuk kencang menyapu semua material yang dilewatinya. Atap-atap rumah milik warga pun berterbangan.

Tak hanya itu, sejumlah bangunan baik rumah dan fasilitas publik seperti masjid dan sekolah rusak parah tak luput dari terjangan puting beliung.

Eman menyebutkan, data sementara baru dua desa di Kecamatan Panguragan yang terdampak angin puting beliung. Yaitu Desa Panguragan Kulon dan sebagian Desa Kalianyar.

Eman menegaskan, selama beberapa hari terakhir cuaca di Cirebon kondisinya mendung berawan. Namun, selama sepekan terakhir ini cuaca di wilayah Cirebon cukup tenang.

Kepala Sta. BMKG kelas III, Devi Ardiansyah melalui Forecaster Cuaca BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn membenarkan info tersebut. Dikatakan, info yang sama juga telah didapat dari BPBD Kabupaten Cirebon.