Rumah Lansia Ambruk Rata Dengan Tanah

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMSebuah rumah milik Pasangan Suami Istri Lanjut Usia, Warga Rt.04/Rw. 02 Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, roboh rata dengan tanah kamis, 14 September 2017.

Rumah yang roboh rata dengan tanah tersebut, milik Hariyono (63.thn) dan istrinya Kartini (60.thn). Peristiwa itu terjadi, pada rabu malam sekitar pukul 20.10 waktu setempat. Diduga, peristiwa tersebut terjadi karena kondisi bangunannya yang sudah tua.

“Rumah itu robah rata dengan tanah karena memang sudah tua yang kondisi pondasi bangunannya juga amblas, karena kalau musim hujan dilokasi itu menjadi genangan air,” tutur Rahmat, Lurah Lada Kecamatan Pademawu Pamekasan, Kamis (14/09).

Menyikapi persoalan tersebut, Lurah Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Pamekasan, Rahmat, bersama Babinkamtibmas beserta Bibinsa dan RT/Rw serta masyarakat setempat, malam itu juga langsung sigap mendatangi lokasi untuk mengupayakan pertolongan terhadap pemilik rumah.

“Pasca kejadian berlangsung pada malam itu juga kami bersama jajaran Masyarakat setempat langsung ke lokasi mengecek dan melakukan pertolongan. Untuk sementara, pemilik rumah kami ungsikan ke rumah tetangga sebelah agar bisa bermalam,” imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena waktu kejadian pemilik rumah sudah menyelamatkan diri keluar rumah pada saat mengetahui gejala rumahnya yang akan roboh.

Kendati demikian, semua perabotan isi rumah hancur tidak bisa diselamatkan dari reruntuhan bangunan yang roboh. Akibat peristiwa ini, kerugian di perkirakan sebesar 40 juta rupiah.