Realisasi Tanam Tembakau Tahun Ini Rendah

oleh

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMRealisasi tanam tembakau di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada musim kemarau tahun ini rendah, jauh dari target ploting areal tanam tembakau yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar 21 ribu 893 hektar.

Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (PTHP) setempat, hingga july realisasi tanam tembakau baru sekitar 14 ribu hektar tersebar di 16 Kecamatan daratan centra penghasil tembakau atau kurang 7 ribu 800 hektar lebih.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas PTHP Kabupaten Sumenep, Abdul Hamid mengatakan, rendahnya realisasi tanam tembakau di daerahnya karena faktor cuaca, di awal musim kemarau dilanda lamina ditandai dengan tingginya intensitas hujan sehingga petani memilih tidak menanam karena hawatir diguyur hujan.

“Akibatnya, hasil produksi tembakau terancam tidak memenuhi target, sebab jika realisasi tanam sesuai dengan proyeksi areal 21 ribu 893 hektar, maka hasil produksi diproteksinya 13 ribu 500 ton,” Katanya menjelaskan, Minggu (06/08).

Hamid mengemukakan, dari hasil pantauannya, kwalitas hasil tanam tembakau khususnya di Kabupaten Sumenep relative bagus terutama di lahan gunung dan tegal gunung.

Pihaknya memperkirakan kedepan masih ada petani yang baru menanam tembakau sebab sejak awal July, kondisi cuaca musim kemarau diwilayah Kabupaten Sumenep dan sekitarnya mulai stabil.

“Akan ada petani yang menanam tembakau namun jumlahnya hanya sedikit,” Paparnya.