Perpustakaan Keliling Rutin Layani Pembaca Buku

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMSeiring dengan lajunya zaman dan semakin pesatnya persaingan alat komunikasi yang saat ini semuanya serba digital. Membuat pihak pengelola perpustakaan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur harus memutar otak.

Caranya adalah pihak perpustakaan daerah Sumenep ini memfungsikan keberadaan mobil perpustakaan keliling yang dimilikinya dengan datang ke tempat keramaian, seperti di ‘Taman Bunga’ dan sejumlah tempat lainnya.

“Untuk tempat yang biasa kami datangi adalah Taman Kejora, Taman Kece, Pasar Sattoan Kalianget, Batuan dan sejumlah pasar-pasar di Kecamatan, dan di Taman Bunga ini kami rutin datangi setiap hari minggu,” kata Asy’ari salah satu penanggung jawab perpustakaan keliling, Minggu (30/04).

Menurutnya, ketika ditanya terkait minat masyarakat ia mengaku, untuk baca buku di perpustakaan keliling lumayan masih rendah. Jam buka di taman di mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WIB.

“Lambat laun kalau rutin di datangi perpustakaan keliling akan terbiasa dan ramai juga nantinya, itu pembacanya mulai anak-anak sampai orang dewasa juga ada,” ungkapnya, sambil menunjuk ke anak yang sedang asyik membaca.

Untuk koleksi buku yang disediakan ke pengunjung kata Asy’ari bermacam-macam, mulai dari buku Komik, Agama, sosial hingga buku Filsafat.

Sementara itu salah seorang pengunjung perpustakaan keliling di Taman Bunga, Ahmad Rivaldi, mengaku sangat mengapresiasi usahan pihak perpustakaan keliling yang mendatangi sejumlah tempat keramaian.

“Sangat bagus terobosan yang dilakukan, dengan begini mungkin minat atau daya baca masyarakat akan terus meningkat tradisi baca bukunya,” timpalnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.