Layanan Banking Online Macet, Nasabah Perbankan Kebingungan

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Beberapa layanan internet banking di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur, Selasa (04/07) tidak bisa dilakukan karena mesin komputer online di sejumlah kantor perbankan dan semua tempat transaksi penarikan tunai perbankan tidak berfungsi seperti biasanya. Akibatnya, para nasabah perbankan yang mau bertransaksi kebingungan. Salah satunya, terjadi di Kantor Cabang BRI Pamekasan.

Menurut keterangan salah seorang karyawan clening service BRI Cabang Pamekasan, Achmad Muchlas mengatakan, macetnya komputer online di tempat kerjanya tersebut terjadi serentak di seluruh Indonesia sejak hari senin (03/07) kemarin sekitar pukul 10.00 Wib.

“Hari senin (03/07) kemarin tepatnya sekitar jam 10.00 wib, komputer perbankan online di tempat kami macet tidak bisa beroprasi, dan kejadian tersebut informasinya terjadi serentak diseluruh Indonesia, sehingga pihak kami kelimpungan karena tidak bisa memberikan pelayanan kepada para nasabah,” Kata Achmad Muhchlas Karyawan Clening Service BRI cabang Pamekasan.

Achmad Muchlas menambahkan, sejak kejadian kemarin yang begitu singkat itu telah membuat para nasabah BRI kebingungan untuk melakukan transaksi. Sebab, di semua tempat atau Unit transaksi penarikan uang tunai dan di gardu-gardu mesin ATM juga tidak bisa berfungsi. Akibatnya, para nasabah memadati kantor cabang untuk bisa melakukan transaksi.

Data yang dapat dihimpun oleh sorotpublik.com melalui google internet, sejumlah layanan yang tidak dapat dilakukan akibat macetnya komputer layanan internet perbankan itu yakni, transfer ke bank lain melalui RTGS, transaksi Mass Fund Transfer System (MFTS) untuk pembayaran gaji (payroll), auto credit, dan auto collection, MTFS realtime, e-Billing pajak, dan transfer dana valas ke bank lain.