Jelang Idul Adha, Ratusan Sapi Diperiksa

0
303

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini yang tinggal hitungan hari, Dinas Perternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pamekasan Madura Jawa Timur, Selasa 29 Agustus 2017 menggelar pemeriksaan hewan kurban diwilayah penjualan hewan daerah setempat.

Menurut Dokter Hewan DPKP Pamekasan Moh. Taufiqurrahman menuturkan, pemeriksaan hewan kurban, meliputi pemeriksaan kesehatan dan umur hewan agar benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih. Diantaranya, harus cukup umur, sudah ganti gigi, tidak cacat dan dalam kondisi sehat.

Selain itu, pemeriksaan hewan kurban juga untuk mencegah penyebaran penyakit hewan seperti anthrax.

“Pemeriksaan hewan kurban ini merupakan agenda rutinitas tahunan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Pamekasan dengan tujuan agar hewan kurban betul-betul layak,” tutur Dokter Hewan DPKP Pamekasan Moh. Taufiqurrahman, Selasa (29/08).

Pemeriksaan hewan kurban dibagi dalam dua tahap, yakni pemeriksaan antemortem yaitu pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dilakukan pemotongan, dan posmortem yaitu  pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan.

LEAVE A REPLY