Harga Bawang Putih Naik Menjelang Ramadhan

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPekan ini harga bawang putih di Pasar Anom Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, naik dibanding akhir pekan lalu dari Rp46 ribu per kilogram naik menjadi Rp50 ribu.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Kabupaten Sumenep, Sukaris menyatakan, harga tersebut naik Rp4 ribu per kilogramnya. Informasi dari pedagang, pasokan dari Surabaya berkurang akibat stok di distributor tidak terlalu banyak. Sementara harga bawang merah turun bila dibanding dengan akhir pekan lalu dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Kabupaten Sumenep, terdapat tiga komoditas yang harganya naik turun pada awal pekan ini, yakni bawang putih, bawang merah, dan cabai merah besar biasa.

“Cabai merah besar biasa harganya turun dari Rp26 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu. Harga cabai merah kecil biasa tetap Rp55 ribu per kilogram,” ungkapnya, Selasa (23/05).

Sementara harga komoditas lainnya yang terpantau stabil, yakni beras tetap pada kisaran Rp8 ribu hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Sedangkan daging ayam broiler Rp30 ribu, harga daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu. Harga sejumlah sayur mayur juga tetap, di antaranya kentang Rp16 ribu per kilogram, wortel Rp14 ribu, tomat Rp8 ribu, dan kubis Rp5 ribu.