Dinas Sosial Salurkan Ribuan Paket Zakat Fitrah Ke Fakir Miskin dan Dhuafa’

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP , SOROTPUBLIK.com  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur membagikan ribuan paket zakat fitrah berupa beras ke fakir miskin dan dhuafa’ di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Senin pagi, 27/06/2016.

Ribuan paket beras yang disalurkan ini merupakan hasil patungan RP. 30.000 per orang dari 11 ribu jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Sumenep.

Kepala Dinas Sosial, Pemkab Sumenep, Moh. Ramli, menyatakan, zakat dikumpulkan dari Dinas Badan kantor bagian dan instansi vertikal, uang yang terkumpul sebesar RP. 93 juta 625 ribu, pengumpulan zakat masing -masing kecamatan kecamatan Rp.45 juta 942ribu , SKPD atau RSUD Moh. Anwar tertinggi yakni RP. 12 juta 180 ribu.

“untuk pengumpulan zakat masing-masing kecamatan, dikordinir langsung oleh camat setempat,” Ucap Ramli.

Moh. Ramli menjelaskan, Jumlah pemohon sebanyak 115 bekerjasama dengan lembaga yang siap membantu menyalurkan zakat, dari uang yang terkumpul itu dibelanjakan beras merk ikan paus super KW1, sebanyak 9700kg, dibungkus dijadikan menjadi 3.527 paket beras, perpaket sebanyak2,75 Kg beras.

Tekhnis penyalurannya akan disalurkan pertama melalui 115 lembaga pemohon dan disalurkan secara langsung ke kaum dhuafa’ dan fakir miskin.

“Perinciannya adalah 9 pengurus takmir masjid, 57 pengurus musholla atau langgar,10 pengurus yayasan, 39 Orsosnas,” Jelasnya.

Sementara, kupon zakat fitrah yang disalurkan ke masyarakat seperti tukang becak, pasukan kuning dan disalurkan secara langsung pasukan kuning 1.970 paket betuk kupon,”Tutup Ramli menjelaska.