Bupati Sampang Ziarah ke Makam Rato Ebuh

oleh

SAMPANG, SOROTPUBLIK.COM – H. Slamet Junaidi, selaku Bupati Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur berziarah ke makam leluhurnya di Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan Kecamatan Kota Sampang pada pukul 08.30 WIB.

Ziarah yang dilakukan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang itu, dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sampang ke-397.

Kegiatan ziarah tersebut diawali dengan pembacaan tahlil dan doa bersama di makam leluhurnya yang dipimpin langsung KH. Tamtam Damanhuri.

Selanjutnya, H. Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah (Sekda) H Yuliadi Setiawan bersama Forkopimda melakukan tabur bunga di atas makam Bupati Sampang pertama periode 1950-1952 RT. Moh. Iksan dan makam Rato Ebuh.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, berdirinya Kabupaten Sampang tidak terlepas dari momen historis Penobatan Raden Praseno sebagai Pangeran Cakraningrat I oleh Sultan Mataram pada 23 Desember 1624 M. Saat Pangeran Cakraningrat I resmi menjadi Penguasa Madura yang berkedudukan di Polagan

“Sebagai wujud syukur hari ini kita berkumpul untuk memanjatkan doa, agar senantiasa arwah beliau damai dan di ampuni dosanya,” ujarnya, Rabu (23/12/2020).

Lebih lanjut H. Slamet Junaidi mengungkapkan, sebagai generasi penerus harus mengingat dan merevitalisasi momen historis sebagai pondasi semangat untuk membangun Sampang kedepan.

“Masyarakat supaya mencintai dan merawat serta meneruskan cita cita suci demi terwujudnya Kabupaten Sampang yang Hebat dan Bermartabat,” tambahnya

H. Slamet Junaidi menghimbau untuk semua ASN kedepan semoga tidak lupa terhadap para pejuang pendahulu di Sampang.

“Sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan para penduhulu para ASN di wajibkan dari tanggal 21 hingga 23 Desember ini memakai baju adat Madura, dan juga berbahasa Madura di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang,” pungkasnya.

Penulis: Is
Editor: Heri