Kecamatan Gapura Gelar Musrembangdes

oleh

Sorotpublik.com – Sumenep, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, gelar Musyarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) keberbagai Desa Se-Kecamatan Gapura sejak bulan Junuari 2016.

Acara ini memang merupakan agenda tahunan dari kecamatan untuk menetapkan program pembangunan Desa, sebelum dilaksanakannya Musyawarah Rencana Pembangunan kecamatan (Musrembangcam).

“Musrembangdes ini program Nasional, untuk merencanakan pembangunan di seluruh Indonesia,” tutur Camat Gapura, Mustangin ketika sambutan dalam acara Musrembangdes Desa Andulang Rabu, (27/01/2016).

Ia, juga menambahkan bahwa program desa yang telah di tetapkan di setiap desa akan dibawa ke musrembangcam pada 18 Februari, dan akan dilanjutkan ke musrembang kabupaten pada bulan Maret 2016.

Program yang diajukan oleh desa itu akan terealesasi pada tahun setelahnya yaitu pada tahun 2017. Sementara program pada tahun 2016 sudah masuk dalam musrembangdes pada tahun 2015 kemaren.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Dana Desa (DD) harus digunakan dengan baik, dan direncanakan dengan dana yang ada. dan perencanaan pembangunan desa bukan hanya terbatas pada pembanguna fisik, namun juga pemberdayaan harus dimasukkan juga dalam program desa.

“Misalnya ada ibu-ibu yang ingin belajar bikin ketring, itu juga dimasukkan, karena bagian dari pembangunan juga, namun bukan berbentuk fisik, namun berbentuk pemberdayaan,” Tambah Mustangin.

Ia juga berharapa program yang telah terealisasi sebelumnya dan juga program yang baru diajukan pada musrembangdes tahun ini, bisa bermanfaat kepada masyrakat Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. (Im/Fin)