Awal Puasa, Harga Daging Sapi di Sumenep Rp120 ribu per kg

oleh -397 views

Penulis : Nt
Editor   : Red

 

SUMENEP , sorotpublik.com

Diawal pekan bulan puasa ini, harga daging sapi di Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami kenaikan dibanding pekan lalu.

Sesuai hasil pemantauan harga oleh petugas Dinas Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding, harga daging sapi Rp120 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp110 ribu.

Bahkan harga daging ayam kampung dan broiler juga terpantau naik, yakni dari sebelumnya Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu dan Rp32 ribu per kilogram menjadi Rp34 ribu.

“Diduga kenaikan harga yang terjadi pada komoditas sejumlah daging itu diakibatkan tingginya permintaan konsumen,” terang Kabid Disperindag Sumenep, Heni Yulianto, Selasa (7/6/2016).

Sementara harga komoditas lainnya terpantau turun, di antaranya cabai besar keriting, cabai besar biasa, cabai kecil biasa, bawang merah, dan bawang putih.

Harga cabai besar keriting turun dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu, cabai besar biasa dari Rp24 ribu menjadi Rp22 ribu, dan cabai kecil biasa dari Rp17 ribu menjadi Rp16 ribu.

Harga bawang merah yang sebelumnya berkisar Rp33 ribu hingga Rp34 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu, dan bawang putih dari Rp33 ribu menjadi Rp32 ribu.

“Untuk harga gula pasir tetap sejak awal pekan lalu, yakni Rp16 ribu per kilogram. Begitu juga harga minyak goreng curah yang tidak mengalami perubahan sejak beberapa pekan lalu, yakni Rp12 ribu per kilogram,” terangnya.