Warga Sambut Gembira Panen Jambu Mente

oleh
Jambu Mente Hasil Panen Petani

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPetani di bagian wilayah pantai utara (Pantura) tepatnya di semua Desa yang ada di Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur mulai gembira, pasalnya saat ini sudah memasuki musim panen jambu mente.

“Kami sangat senang karena tanaman jambu mente ini termasuk jenis tanaman yang selalu ditunggu oleh petani di desa kami,” kata Sunami seorang warga di Desa Nyapar Kecamatan Dasuk, Rabu (23/08).

Dikatakan ditunggu kata Sunami, karena untuk di wilayahnya memang jambu mente inilah salah satunya jenis tanaman andalan warga yang hasil ekonominya sangat dominan dan jelas pendapatannya dan dirasakan langsung setiap tahunnya.

“Setiap tahun penghasilan petani di desa kami memang dari jambu mente ini, semoga panen kali ini harganya mahal dan semoga tidak turun hujan dulu sampai panen selesai, kalau sampai hujan buah jambu mente akan rusak,” ucap Sunami penuh harap.

Sementara, salah seorang pedagang keliling Jambu mente, Syafi’e asal Desa Mantajun menyatakan, harga jambu mente di awal panen tahun ini tergolong bagus dan mahal.

“Untuk musim panen ini harganya sangat bagus yakni perkilogram Rp 10.000 padahal biasanya di kisaran Rp 7000 – Rp 800,” paparnya.