Warga Kliensari Situbondo Tuntut Perbaikan Jalan

oleh

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Sejumlah warga Desa Kliensari, Kecamatan Penarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengeluhkan kerusakan jalan yang terdapat di daerah pemukimannya. Pasalnya, Desa tersebut belum memiliki ruas jalan memadai. Bahkan satu-satunya jalan yang sering dilewati warga untuk beraktifitas berlumpur saat diguyur hujan.

“Sudah seharusnya warga Kliensari mengeluh, Karena jalan merupakan kebutuhan masyarakat. Apalagi, jalur yang rusak ini menghubungkan dengan 6 sekolah yang ada di kliensari,” ujar Arjuto Kepala Dusun Klieansari, Kamis (08/02/2018).

Saat dikonfirmasi jurnalis sorotpublik.com di kantor Desa Kliensari, Arjuto menyatakan, kerusakan jalan sekitar 400 meter itu sudah terjadi sejak tahun 2016 lalu. Hal ini diakibatkan oleh mobil bermuatan berat, pengangkut material proyek pembangunan perumahan mondar-mandir melewati jalan tersebut.

“Warga sudah menuntut PT untuk bertanggung jawab atas kerusakan jalan itu. Dan pihak PT katanya akan bertanggung jawab. Namun, sampai saat ini masih nihil,” ungkapnya.

Sementara, Suyitno selaku Sekretaris Desa (Sekdis) Kliensari mengutarakan, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) hanya bisa menfasilitasi aspirasi masyarakat, dan mendukung warga untuk mensegerakan pembangunan infrasturktur jalan. Sebab, dengan infrastruktur yang layak, paling tidak juga membantu terhadap pembangunan wisata yang telah direncanakan oleh pemerintah.

“Kemarin sudah menjadi pembahasan di Musrembang. Tetapi karena ini memerlukan anggaran besar. Maka Seharunya pembangunan tersebut diambilkan dari APBN,” jelas Sekdis Kliensari.