Toko Elektronik Ludes Dilalap Sijago Merah

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMDiduga karena konsleting listrik, Sebuah toko elektronik milik H. Syaiful yang terletak di Jalan Raya Kanginan Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, kamis pagi 09 November 2017 ludes terbakar dilalap sijago merah.

Peristiwa kebakaran tersebut, terjadi sekitar pukul 05.00 Wib. Melihat api yang semakin membesar, warga sekitarpun terlihat panik berusaha membantu memadamkan api agar tidak merembet kerumah warga lainnya yang berdempetan dengan rumah yang terbakar.

Rofiek, warga setempat mengatakan, kejadian tersebut diduga kuat terjadi karena konsleting arus listrik, disebabkan sempat terdengar ledakan percikan api di dalam toko elektronik tersebut.

“Soalnya tadi ada yang melihat sebelum kebakaran lampu berkedip-kedip dan terdengar suara ledakan kecil serta asap keluar dari dalam toko itu,” tutur Rofiek salah satu warga, Kamis (09/11).

Hal senada juga disampaikan oleh Slamet, warga setempat, dirinya mengaku, api dengan asap kecil yang keluar dari dalam toko tersebut kemudian membesar hingga sulit untuk dipadamkan meski dirinya dan masyarakat sekitar saling bahu-membahu untuk memadamkan api.

“Api dari dalam toko elektronik dengan cepat menjalar dan semakin membesar hingga sulit dipadamkan. Sementara mobil damkar pemadam kebakaran tak kunjjung segera datang, kamipun terus berusaha saling bahu-menbahu utuk memadamkan api tersebut,” ujar Slamet.

Beruntung, sesaat kemudian, petugas dan mobil pemadam kebakaranpun tiba di lokasi dan berupaya memadamkan api dibantu warga setempat. Selang beberapa waktu kemudian, api berhasil dipadamkam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun toko elektronik beserta isinya ludes terbakar. Kerugian materiel akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.