TKI asal Kepulauan Sumenep Mudik Lebih Awal

oleh

Penulis : Nt
Editor   : Red
SUMENEP , sorotpublik.com – Para tenaga kerja Indonesia (TKI) asala Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mudik lebih awal. Akibatnya jumlah penumpang kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I, pada Jumat (17/6/2016) mengalami kelebihan (overload).

Jumlah penumpang DBS I mencapai 400-an orang. Padahal kapasitas kapal tersebut sekitar 250-an orang.

“pelayaran pada hari ini sebagian besar TKI asal Kangean. Mereka mudik lebih awal. Diduga takut tidak ada kapal,” terang Manager Operasional PT Sumekar, Bambang Supriyo, Jumat (17/6/2016).

Ia menuturkan, selama bulan puasa ini armadanya mengedepankan mengangkut orang dan kebutuhan pokok. Karena warga mengutamakan warga kepulauan yang hendak mudik lebaran.

“Kita tidak mengangkut roda dua maupun roda empat dibulan puasa hingga lebaran nanti. Hanya orang dan sembako saja yang diangkut,” paparnya.

Sementara salah satu TKI asal Kangean, Abdurrahem mengaku dirinya mudik lebih awal karena khawatir tidak ada kapal ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

“Kalau mudik sekarang lebih enak dan masih ada kapal yang beroperasi,” tukasnya.

Namun, Ia menyayangkan pihak PT sumekar yang memaksakan mengangkut penumpang melebihi kapasitas. Sehingga, banyak penumpang harus duduk di dek kapal.