Tiga Tahun Sampah di RSI Sumenep Dibiarkan Menumpuk

oleh

Penulis : Nt
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com
Selama tiga tahun Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, berbagai aroma tumpukan sampah yang berada diseberang jalan.

Namun, pada Rabu (20/7) siang, petugas dari Kantor Kebersihan dan Pertamanan (KKP) Sumenep, bersedia mengangkut sampah tersebut.

Salah seorang warga Kalianget, Sarkawi, mengatakan, tumpukan sampah diseberang jalan RSI Kalianget itu, sudah meluber ke jalan raya.

“Kami tidak tahu kenapa tumpukan sampah di seberang jalan RSI Kalianget, dibiarkan tak terjamah. Padahal, jalan raya tersebut merupakan jalan protokol menuju Pelabuhan Kalianget”

Ia mengaku heran, mengapa baru sekarang petugas KKP terketuk hatinya untuk mengangkut sampah diseberang jalan RSI Kalianget.

“Alasan yang kami terima, karena terbatasnya anggaran transportasi. Ditambah lokasi pengangkutan sampah, selama ini hanya difokuskan di Kecamatan Kota Sumenep saja”

Sementara Plt Kepala KKP Sumenep, Abd Kadir, membenarkan jika pengangkutan sampah di RSI Kalianget, baru bisa dilakukan.

“Sebenarnya ini inisiatif kami saja, demi kebersihan di Sumenep. Sebab, anggaran pengangkutan sampah hanya diseputar Kecamatan Kota dan sebagian Batuan”

Kedepan, lanjut Kadir, pihaknya akan mengajukan penambahan anggaran kebersihan, agar sampah dikecamatan penyanggah, seperti Kalianget, Batuan, Saronggi dan Manding, bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Batuan.