Terus Kembangkan Pantai Sembilan, Begini yang Dilakukan Kades Bringsang

oleh
Sutlan, SE, Kades Bringsang, Kecamatan/Pulau Giligenting, Sumenep. (Foto: Heri/SorotPublik)

Penulis: Heri/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Sejak resmi jadi destinasi wisata beberapa tahun lalu, Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Kecamatan/Pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tak henti-hentinya terus dikembangkan.

Meski sedikit demi sedikit, namun berbagai fasilitas lainnya destinasi wisata di pantai tersebut sudah mampu menarik para pengunjung.

“Pengembangan Pantai Sembilan sebenarnya mulai lama sudah. Ya…apa ya, cuma hanya penambahan fasilitas. Kayak jembatan,” kata Sutlan, Kepala Desa Bringsang, Kamis (24/01/2019).

Jembatan sepanjang 100 meter sebagai pengembangan terakhir di tahun 2018 lalu, lanjut Sutlan, dianggarkan dari dana desa. Sebab Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Pantai Sembilan itu adalah BUMDes.

“Tapi masih banyak kalau mau ngomong fasilitas. Kita terus berbenah tiap hari dan terus. Artinya biar pengunjung merasa nyaman dan kita juga pengelolaannya sambil belajar dan terus belajar,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan Sutlan bukan tanpa alasan. Dia mengakui bahwa pariwisata sebenarnya bukanlah bidang yang dipahami, apalagi dikuasainya.

“Tapi kita belajar dan terus belajar bagaimana mengelola dan mengembangkan pariwisata secara benar dan tepat, gitu,” imbuhnya.

Akan tetapi, untuk bulan-bulan ini Kades Bringsang itu menyatakan jumlah pengunjung sangat turun drastis.
Penyebabnya tentu saja situasi yang tak menentu seperti gempa, ombak, dan angin.

“Sangat berkurang. Malah yang acara hari besok itu di-cancel gara-gara situasi cuaca yang tidak bersahabat,” jelas Sutlan.