Separuh KK di Desa Kesambirampak Belum Mendapatkan Bantuan RASTRA

0
482

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Program Pendistribusian Beras Masyarakat Sejahtera (Rastra) di Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur masih terlihat belum merata. Hal ini dibuktikan dari sekitar 1.500 jumlah Kepala Keluarga (KK), baru 466 KK yang mendapatkan bantuan.

Yoyo, selaku kepala Dusun di Desa Kesambirampak mengakui, saat ini masih banyak masyarakat di desa itu yang belum mendapatkan bantuan. Meskipun, dari sebagian warga kondisinya sangat miskin.

“Memang sejak bulan Februari 2018, dari 1.500 KK yang ada, baru 466 KK yang berhak mendapatkan alokasi bantuan Rastra,” jelasnya, Senin (19/03/2018).

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pendistribusian, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Kapongan ikut berpartisipasi memonitoring program, mulai dari pendataan sampai kepada tahap pemberian bantuan.

“Saat ini masih dimungkinkan untuk melakukan perubahan Daftar Penerima Manfaat (DPM) melalui Musyawarah Desa (Musdes). Perubahan meliputi pergantian penerima akibat mutasi kependudukan (pindah/meninggal) bahkan termasuk usulan baru,” terang Taufik Hasan salah satu Anggota TKSK Kapongan.

Sementara itu, Satriadi sebagai Babinkamtibmas Kecamatan Kapongan berpesan kepada perangkat desa agar memberikan pemahaman kepada warga apabila masih ada yang belum masuk dalam DPM.

LEAVE A REPLY