Potensi Kerusakan Situs Melek Semakin Besar

oleh

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Situs Cagar Budaya (Situs Melek) berupa struktur bata yang berlokasi di Dukuh Melek, Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur kini menyita perhatian publik pasca perusakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Irwan Rakhday, Sekjen DANG ACARYA (Dewan Perjuangan Advokasi Cagar Budaya) menyatakan, potensi kerusakan di area situs Melek sudah semakin besar. Hal ini akan berdampak terhadap hilangnya cagar budaya itu sendiri. Ia pun meminta masyarakat tetap siaga setiap hari, sehingga penambangan di area situs melek tidak dilakukan kembali.

“Potensi rusaknya cukup besar, baik dari faktor alam atau manusia yang tak paham tentang cagar budaya. Ini akan terjadi bila kita tidak segera menyeriusi upaya pelestarian situs. Apalagi Situbondo ini darurat cagar budaya. Karena itu,  kesiagaan penting dilakukan demi jaminan wujudnya  pelestarian,” jelas Irwan, Senin (05/02/2018).

Sementara itu, Desy Suryanti , salah satu siswi yang pernah berkunjung ke situs melek mengaku meminati sejarah. Ia berharap, aset sejarah Situbondo seperti situs melek yang saat ini sudah menjadi tumpukan sisa pasir dan batu bisa difasilitasi serta dibangun kembali.

“Bagaimana hubungan Dukuh Melek dengan Balumbung, ini harus diteliti. Budayanya juga harus dilestarikan. Situbondo bisa terkenal dengan ikon kota sejarah. Saya sangat setuju bila situs resmi ditetapkan, dibuka jadi tempat wisata , sehingga ekonomi Situbondo dapat terangkat,” ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.