Pedagang Batu Akik Mulai Gigit Jari

oleh
Pedangan batu akik di Malang, Jawa Timur

Penulis : Tia

MALANG, SOROTPUBLIK.COM – Sempat buming di pertengahan tahun 2015 lalu, kini masa depan batu akik mulai suram, bahkan jual beli batu akik semakin surut, beberapa pedagang batu akik banting setir pindah ke obyek lain.

Pusat jual beli akik terbesar di Kota Malang di jalan Mojopahit Malang, Jawa Timur kini sepi dan tinggal beberapa pedagang yang masih sabar membuka lapak batu akiknya. Padahal di kawasan itu termasuk salah satu pusat perdagangan batu akik yang terkenal di Kota Malang.

Menurut Pak Ran (57) salah satu pedagang batu di jalan Mojopahit mengungkapkan, ada faktor alam yang mempengaruhi menurunnya peminat atau pembeli batu akit mulai turun.

“Dulu mayoritas pakai cincin baik orang dewasa, ibu-ibu serta anak-anak sangat berminat untuk memakai cincin dari batu akik, sekarang surut drastis,” jelasnya, Selasa (01/03).

Ia juga menambahkan, Hanya orang-orang tertentu saja yang masih berminat membeli cincin dari batu akik, dan itupun sudah mulai jarang.

Ia menegaskan bahwa bukan faktor ekonomi yang membuat perdagangan batu akik macet, tapi faktor sudah berkurang peminat dari banyak orang untuk memakai batu akik.

“Malah banyak yang hanya menjadikan cincin batu akik itu sebagai koleksi di rumahnya,” pungkasnya.