Pastikan Pedagang Jual Daging Segar, Tim Operasi Gabungan Sidak Pasar Semi Modern Cicurug

oleh
Tim Operasi Gabungan saat Sidak di Pasar Semi Modern Cicurug untuk memastikan pedagang menjual daging segar. (Foto: Tito/SorotPublik)

Penulis: Tito/Kiki

SUKABUMI, SOROTPUBLIK.COM – Memasuki pekan terakhir Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat membentuk Tim Operasi Gabungan untuk memastikan ketersediaan stok dan harga di lapangan.

Tim Operasi Gabungan dalam rangka pengawasan, peredaran produk peternakan tersebut melakukan Sidak di Pasar Semi Modern Cicurug pada Rabu pagi (29/05/2019) untuk memastikan ketersediaan daging ayam, sapi, telur dan susu di Pasar Semi Modern itu.

Didampingi langsung oleh unsur Satpol PP Kecamatan Cicurug, Polsek Cicurug dan Koordinator Pasar, kegiatan operasi gabungan pasar berjalan lancar. Butuh waktu 2 jam bagi tim untuk meninjau langsung ke kios pedagang di Pasar Cicurug.

Di tengah sidaknya, tim sempat melakukan tanya jawab dengan beberapa pedagang terkait harga dan jenis daging guna memastikan stok keterediaan Hari Raya aman.

“Kami yakin stabilitas harga dan barang terjamin untuk kebutuhan masyarakat sampai di lebaran,” ujar Kasi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, drh. Endri B.

Kemudian sampai di kios daging milik Pak Sutang, tim menemukan daging dengan warna kebiruan. Menurut drh. Endri, hal itu terjadi karena salah penyimpanan.

“Harusnya dibungkus menggunakan plastik bening agar tidak mengubah warna saat di simpan di pendingin. Tapi itu masih bagus karena daging di dalamnya masih segar,” ungkapnya.

“Kita juga selalu lakukan evaluasi dan pantau di tiap tiga bulan sekali untuk memastikan semuanya stabil,” imbuh drh. Endri.

Sementara itu, Kepala Bidang  Pembibitan dan Produksi Ternak, Deulis Linda, S.Pt.Mp  menyampaikan, sidak tersebut bertujuan agar masyarakat bisa membeli daging dengan kualitas bagus dan aman.

“Dengan adanya kegiatan ini kami ingin masyarakat membeli daging yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) sesuai dengan program Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sulaeman selaku Koordinator Pasar Cicurug menyebut kegiatan tersebut sangat positif dan baik, serta tidak ditemukan adanya kejanggalan dari hasil Sidak hari ini.

“Saya pun ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari tim Operasi Gabungan Pasar Dinas Peternakan dan Muspika Kecamatan Cicurug, karena masyarakat bisa mendapat daging, telur dan susu dengan terjamin mutu dan kualitasnya di Pasar Cicurug,” ujar Sulaiman.

Kabar baik dari hasil Sidak, harga daging dan telur masih di angka normal. Harga daging sapi Rp 105.000, harga daging ayam Rp 36.000, dan telur dari Rp 24.000 jadi Rp 22.000.

“Saya harap kegiatan ini berkelanjutan agar masyarakat dan pelaku pasar bisa mendapatkan jaminan program ASUH ini,” pungkas Sulaeman.

No More Posts Available.

No more pages to load.