Pasca TMMD, Ada Perkembangan Pesat Masyarakat di Pelosok Jatim

oleh
Fasilitas Jogging Track yang dibangun Satgas TMMD Jember di Desa Paleran. (Foto for SorotPublik)

Penulis: Pendam/Kiki

SURABAYA, SOROTPUBLIK.COM – Secara perlahan, hampir seluruh masyarakat di pelosok Jawa Timur, khususnya warga desa di lokasi pasca program Tentara Manuggal Membangun Desa (TMMD), mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Demikian dikatakan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. IP, M. M, ketika diwawancarai di ruangan kerjanya, Jumat (29/03/2019) pagi. Menurutnya, meski baru dua hari lalu ditutup, namun budaya hidup sehat mulai tertanam di dalam diri masyarakat di lokasi pasca TMMD ke-104 berlangsung.

“Seperti di Desa Paleran, Jember. Di sana, sudah mulai banyak warga yang gemar berolahraga di jogging track yang sudah dibangun oleh Satgas TMMD,” ujar Kapendam Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto.

“Sebelumnya, sangat jarang, hampir tidak pernah ada warga yang berolahraga di lapangan itu,” imbuh dia.

Ternyata, kata almameter Akademi Militer tahun 1997 tersebut, bukan hanya gaya hidup sehat saja yang mengalami perkembangan. Namun, warga di daerah terisolir itu juga mulai terbiasa dengan budaya hidup bersih seperti yang digaungkan oleh Satgas TMMD beberapa waktu lalu.

“MCK di setiap dusun di Desa Gunung Malang sudah mulai digunakan dengan baik oleh warga sekitar. Sudah jarang ditemui warga buang air sembarangan,” tandasnya.

Sementara itu, ketika di konfirmasi, Dandim 0824/Jember, Letkol Inf Arif Munawar membenarkan hal tersebut. Bahkan, orang nomor satu di tubuh Makodim Jember itu, tidak segan-segan untuk menyusuri setiap desa yang dijadikan sasaran pelaksanaan program TMMD beberapa waktu lalu itu.

“Kemarin pagi, kita bersama beberapa anggota melintasi setiap desa. Alhamdulillah, suasana setiap dusun sudah berubah drastis,” pungkasnya.

Menurut informasi yang dihimpun, terdapat beberapa masyarakat yang mulai mengagumi beberapa insfrastruktur hasil pembangunan Satgas TMMD Jember. Salah satunya ialah Winarsih (39).

Warga Desa Paleran, Kabupaten Jember itu menuturkan, dirinya seakan kagum dengan adanya fasilitas olahraga yang disediakan oleh Satgas di bawah kendali Letkol Inf Arif Munawar. Hampir setiap pagi dan sore hari, kata Winarsih, ia tak canggung-canggung untuk mencoba berbagai fasilitas olahraga hasil program TMMD itu.

“Kadang, saya mengajak anak-anak saya datang ke lapangan itu. Semuanya sudah lengkap, di tambah lagi ada toiletnya. Lokasinya juga semakin bersih,” ungkapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.