Pagu PPDB Online Siswa SMP Sumenep Hampir Terpenuhi

oleh

Penulis : Heri/Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPenerimaan perserta didik baru (PPDB) online tingkat sekolah menengah pertama (SMPN) di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur berjalan lancar. Dikatakan lancar karena pelaksanaannya tidak ditemukan kendala apapun.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Sumenep, H. Muhammad Iksan mengatakan, dalam PPDB pihaknya mengacu kepada peraturan yang sudah pagu dan ditetapkan berdasarkan keputusan dari Permendikbud.

“Kami mengacu kepada Permendikbud No.17 tahun 2017 yang meliputi Zona, Umur Non Nilai dan Prestasi di tingkat kabupaten,” katanya menerangkan, Senin (10/07).

Menurut Iksan, semua pagu kuota di sekolah yang menyelenggarakan online PPDB di masing-masing sekolah se Kabupaten Sumenep sudah terpenuhi, kecuali SMPN 1 yang belum terpenuhi.

“Untuk zona sesuai yang ditetapkan di Permendikbud begitu juga dengan umur pas di 15 tahun kalau lebih sistem langsung menolak, Non nilai kalkulasi di UN dan penunjangnya, begitu juga prestasi erat kaitannya di tingkat kabupaten hingga povinsi,” ungkapnya.

“Artinya pertama zona, umur Non nilai dan prestasi,” tambahnya.

Untuk yang PPDB online SMP ini berjalan lancar di semua wilayah baik di wilayah daratan maupun kepulauan, namun pihaknya tetap meminta kepada Telkom untuk tetap mengutamakan layanan terutama di masalah penguatan jaringan ‘Bandwitch’ yang dimilik Telkom.

“Pelaksanaannya lancar ko’ itu kemarin yang bermasalah yang PPDB online SMA,” terangnya.

Oleh karena pihaknya kata H. Muhammad Iksan selalu berpesan kepada semua orang tua atau wali murid selalu mempersiapkan dirinya, terutama di dalam hal yang berhubungan dengan internet, karena saat ini pendidikan erat kaitannya dengan dunia internet.

“Pantaulah kegiatannya selama ada dirumah, terutama dalam hal pendidikannya,” pesannya.