Meski Sering Hujan, Masyarakat Sumenep Masih Kesulitan Air Bersih

oleh

Sorotpublik.com – Sumenep, Meskipun dibeberapa daerah di Kabupaten Sumenep Sudah mulai Hujan dan gampang air bersih, Namun Warga Desa Jukong-jukong, Kecamatan Kangayan, Sumenep, Madura, Jawa Timur mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih. Bahkan untuk mendapatkan air bersih mereka harus menempuh jarak 2 hingga 3 kilometer.

“Saat ini warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Bayangkan saja, untuk mendapatkan air guna kebutuhan minum atau mencuci, kami harus jalan kaki sejauh 2 hingga 3 kilo meter dengan kondisi jalan yang sulit dilewati,” kata Moh.Hasanullah, salah seorang warga setempat, Sabtu (9/1/2016).

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah daerah memikirkan nasib warga kepulauan, dengan memberikan bantuan mesin atau pompa air, sehingga bisa disalurkan ke rumah pemukiman warga.

“Dulu pernah ada salah seorang caleg berjanji kepada kami untuk memberikan mesin atau pompa air, namun karena dia tidak terpilih mesin atau pompa air tersebut tidak ada. Oleh karena itu kami berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Hasan menambahkan, Agar lebih mudah untuk mendapatkan air bersih, para orang tua memanfaatkan anak-anaknya yang sudah cukup umur untuk mengambil air bersih di satu-satunya sumber mata air yang jaraknya mencapai 2 hingga 3 kilometer. (Dit/Fin)