Mendekati Bulan Puasa, Sebagian Sembako Mengalami Kenaikan

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Semakin mendekati datangnya bulan suci ramadhan, sejumlah barang kebutuhan pokok di Kabupaten Sumenep, Madura, jawa timur, mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan di Pasar, diduga kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut dipengaruhi semakin meningkatnya permintaan dari konsumen. Seperti kenaikan harga yang  terjadi di pasar tradisional pasar anom baru Kabupaten Sumenep.

Rata-rata kenaikan harga terjadi pada barang komuditas bumbu dapur. seperti yang terjadi pada harga bawang putih dari harga 36 ribu rupiah sekarang naik menjadi 45 ribu rupiah perkilo.

sementara untuk bawang merah masih stabil saat ini mencapai  25 ribu rupiah perkilogram.

Begitu juga harga cabai kecil yang sebelumnya melambung saat ini mulai stabil harganya mencapai 55 ribu rupiah perkilo. Kemudian harga cabai merah besar saat ini normal senilai 26 ribu rupiah perkilo.

Salah satu pedagang bumbu dapur, di Pasar Anum, Mamat menerangkan, kedepan dimungkinkan beberapa komoditas bumbu akan mengalami kenaikan jelang ramadhan.

“Kenaikan ini merupakan musiman saat menjelang ramadhan hingga idul fitri nanti,” katanya. Rabu (26/04).

Sementara pembeli, Zakim berharap pemerintah lebih gencar mengontrol harga-harga kebutuhan pokok, agar saat ramadhan nanti harganya bisa tetap stabil.

“Harga kebutuhan pokok yang mulai  stabil, karena dipengaruhi saat ini musim  panen, stok pasokan dari petani mulai normal. Terjadi pada harga cabai dan harga kebutuhan pokok lainnya,” tukasnya.