Manfaat Makan dan Minum Sambil Duduk

0
699

Penulis : Heri

SOROTPUBLIK.COM – Banyak manfaat  apabilah anda melakukan makan dan minum dengan posisi duduk, berikut beberapa manfaatnya:

Menyehatkan Pencernaan

Ternyata riset membuktikan makanan yang dimakan sambil duduk akan berjalan secara perlahan dan lembut menuju dinding usus. Lain halnya apabila makan dan minum dengan berdiri, makanan atau minuman yang dimakan akan jatuh secara keras kedasar usus serta menabraknya dengan keras. Dan apabila hal ini terjadi terus-menerus akan menyebabkan melarnya usus, dan resiko disfungsi pencernaan. Yaitu gangguan system pencernaan.

Menyehatkan Ginjal

Ketika kita makan atau minum sambil duduk, cairan atau makanan yang kita telan, disaring terlebih dahulu oleh sfringer yang bisa terbuka atau tertutup sesuai dengan jalurnya. Bila kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung menuju kandung kemih tanpa adanya penyaringan. Selain penyerapan cairan jadi tidak maksimal, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah di ginjal. Makanan dan minuman terasa lebih nikmat dan sehat dengan cara duduk.

Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Dr. Ana Budi Rahayu, SpS, juga menjelaskan bahwa makan sambil berdiri akan menyebabkan terjadinya reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teiritasi. Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk.

Terhindar Dari Dehidrasi

Tulangpun mengandung air sebanyak tiga puluh sampai empat puluh persen. Sebagian besar darah terdiri dari air dimana terdapat larutan bahan-bahan selain sel-sel darah. Akibatnya bilamana pembuangan air dari dalam tubuh lebih besar daripada pemasukannya, terjadilah dehidrasi yaitu kekurangan zat cair dalam tubuh. Begitu juga kadar air dalam jaringan tubuh diatur dengan tepat. Jika terdapat selisih sepuluh persen saja maka gejala-gejala serius akan timbul. Kalau selisih mencapai dua puluh persen maka menyebabkan kematian. Oleh karena itu, dianjurkan memuntahkan air apabila terlanjur minum sambil berdiri. Para ahli memberi solusi pabila terpaksa minum sambil berdiri yaitu menggerak-gerakan dua ibu jari kaki, akan dapat menolak efek-efek negatif seperti yang disebut di atas.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY