Kabid Dikmen Disdik Sumenep: PPDB Zonasi Idealnya Berbasis Jarak Tempuh

oleh
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Sunarto
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Sunarto. (Foto: Hairul/SorotPublik)

Penulis: Hairul/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Menjelang tahun ajaran baru, sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah memulai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) PPDB masih menggunakan sistem Zonasi dan sudah dimulai per tanggal 24 Juni kemarin.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Sumenep, Sunarto mengungkapkan, sistem Zonasi dalam PPDB idealnya berbasis jarak tempuh udara atau jarak tempuh siswa ke sekolah.

“Di Sumenep PPDB berbasis jarak tempuh udara baru diterapkan untuk kecamatan kota, sedangkan yang lain masih berbasis wilayah kecamatan,” kata Sunarto, Selasa (25/06/2019).

Hal tersebut, kata dia, dimaksudkan agar kuota siswanya terpenuhi. Karena untuk wilayah selain kota, minat orang tua siswa untuk menyekolahkan ke sekolah negeri masih rendah. Mereka masih lebih memilih menyekolahkan anaknya ke pesantren.

“Untuk kategori penerimaan siswa selain zonasi, yakni melalui jalur Prestasi 14% dan mutasi orang tua 5%,” lanjut Sunarto.

Sampai saat ini pelaksanaan PPDB Online di wilayah Kabupaten Sumenep berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Sementara Pelaksanaan PPDB tersebut akan berlangsung hingga tanggal 28 Juni mendatang.

No More Posts Available.

No more pages to load.