Hadapi MEA, Mahasiswa Harus Siapkan SDM

oleh

Sorotpublik.comMalang, Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah didepan mata banyak yang perlu yang dipersiapkan oleh bangsa Indonesia, Diantaranya adalah SDM dalam bidang jasa akuntasi yang diberlakukan secara bebas.

Akuntan Indonesia harus mampu bersaing dengan akuntan asing dalam menawarkan jasa profesinya.

Untuk menyikapi hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Widyagama Malang bekerjasama dengan IAI Muda Jawa Timur, mengadakan seminar nasional yang bertajuk “Peran Akuntansi dalam mewujudkan bisnis yang berintegritas“

Rektor UWG, Prof. Dr. Ir Iwan Nugroho MS dalam sambutannya mengatakan, “Kami bangga dengan aktivitas jurusan akuntansi yang selalu aktif dalam menyelenggarakan seminar seperti ini,” jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan seperti ini tentu menjadi penyemangat bagi mahasiswa untuk meraih sukses di bidang akuntansi.

Sulasmo S sebagai pembicara pertama menjelaskan bahwa profesi akuntan harus melek terhadap IT. Accounting dan digital saling terkait dan tak dapat dilepaskan.

“Akuntansi butuh IT untuk terus update data dan informasi sedang IT butuh akuntan dalam proses akuntansi,” terangnya.

Sementara Fahruddin A sebagai pembicara kedua lebih menekankan pada sisi motivasi.

“Sarjana akuntansi harus dapat berkarier lebih tinggi menjadi pengusaha atau akuntan yg benar-benar profesional,” ungkapnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Adi P, Ia mengajak para akuntan menjadi pengusaha karna banyak sekali peluang didunia konsultan.

“MEA sudah mulai, ayo menjadi pengusaha di negeri sendiri,” pungkas Adi. (Setia/Fin)