Dianggap Memberatkan, Koperasi Rahayu Sumenep Diprotes Warga

oleh

Sortpublik.comSumenep,  Karena terlalu linggi Suku bunga pinjaman yang diterapkan oleh koperasi Rahayu yang berkantor dijalan Arya Wiraraja sebelah timur terminal Bus Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapatkan protes dari warga, Senin (14/03/2016).

“Saya datang ke kantor koperasi Rahayu ini untuk menyampaikan keluhan kepada pihak pengelola yang telah memberikan bunga selangit berkisar 30%,” jelas Sahrul Gunawan (36), warga Desa Banbaru, kepulauan Giliraja, kecamatan Giligenting.

Ia menjelaskan, besaran bunga yang diterapkan sangat memberatkan bagi nasabah. Sehingga tidak ada bedanya dengan rentiner yang ada di pulaunya.

“Kami di Giliraja sebenarnya ingin bebas dari jeratan rentenir yang selama ini meminjamkan uang dengan suku bunga tinggi, makanya kami beralih menggunakan jasa koperasi, ternyata bunganya malah lebih besar lagi,” bebernya.

Bahkan, sahrul juga memprotes tidak adanya papan nama didepan rumah yang dijadikan kantor keperasi tersebut. “Ini kantor apa rumah, kok tidak ada papan namanya, seharusnya kan ada papan namanya,” tukasnya.

Sementara itu, Sugiman selaku pihak pengelola saat dikonfermasi melalui sambungan telepon membantah adanya penerapan suku bunga yg tinggi itu.

“Tidak benar jika kami menerapkan bunga hingga 30%, justru yang kami terapkan masih dalam batas kewajaran seperti koperasi-koperasi lain yang ada disumenep yaitu berkisar 2-3% ,” jelas Sugiman, pengelola koperasi Rahayu Sumenep. (An/Fin)