4 Kecamatan di Pamekasan Berpotensi Rawan Bencana Longsor

oleh

Penulis : Nanang

Pamekasan, SOROTPUBLIK.COM – Dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, 4 kecamatan diantaranya dikategorikan sebagai wilayah yang berpotensi rawan bencana alam longsor ketika musim hujan.

Ke- 4 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan yang dikategorikan sebagai wilayah berpotensi rawan bencana longsor ketika musim hujan yakni, Kecamatan Kadur, Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Palenga’an dan Kecamatan Waru.

Untuk menghadapi bencana alam tersebut, upaya yang dilakukan oleh pihak Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan yakni melakukan langkah-langkah kedaruratan dengan melibatkan muspika setempat.

“Untuk langkah-langkah kedaruratan, kami sudah membentuk Tim yang melibatkan semua unsur dan pihak-pihak terkait. Yakni, melibatkan semua Muspika serta melibatkan unsur SKPD terkait,” kata Akmalul Firdaus, Kepala BPBD Pamekasan, Rabu (07/02/2018).

Sementara itu, bentuk upaya langkah-langkah lain yang dilakukan pihak BPBD Pamekasan adalah,  dengan cara mengoptimalkan anggaran bantuan bencana longsor yang direalisasikannya dari dana APBD daerah. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan juga menggunakan bantuan dana dari Provinsi Jawa Timur dan Pusat, ketika alokasi APBD kabupaten sudah habis.