Tradisi Loloberen Sebagai Pemanggil Hujan

0
236

Sorotpublik.com – Sumenep, Tradisi yang dikenal dengan rokat makam di laksanakan hari ini di Dusun Temmo Desa Palasa Kecamatan Talango, Kabupaten sumenep, Madura, Jawa timur. Tradisi yang digelar tiap tahun ini dilakukan sebagai bagian ritual minta hujan dilaksanakan tiap hujan kurang .

Dimulai pukul 10.00, kegiatan diawali dengan kedatangan warga yang membawa rasol (sepiring nasi putih). Setelah itu mereka berkumpul di pemakaman umum untuk mengaji bersama dan dilanjutkan dengan pembacaan macopat.

Dan Rasol tersebut di kumpulkan untuk makan bersama sama setelah ritual di laksanakan  dan  ritual tersebut langsung dimulai sesepuh desa, ungkap hari (35) salahsatu warga

“Ritual ini sudah di laksanakan oleh ninik muyang kita terang hari. menjelaskan lamanya tradisi kepada sorotpublik, rasol menggambarkan kesucian.

Setelah itu, sebagian rasol yang di kumpulkan lalu dimakan bersama. Harapannya, memper erat tali persaudaraan dan hujan segera turun. Setelah itu, sisa sisa rasol (nasi) yang di makan  bersama-sama warga.dibagi bagikan kepada warga yang kurang mampu dan kepada anak yatim. (Dit/Fin)

LEAVE A REPLY