Pelayanan Pemeriksaan HIV/AIDS Masih Terbatas

0
222

Sorotpublik.com – Pamekasan, Sebanyak 13 dari 20 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) tidak bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS. yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan Ismail Bey, mengatakan bahwa pemeriksaan penyakit menular tersebut tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan sembarang tempat. Karena penyakit tersebut adalah penyakit yang serius.

“Untuk bisa memeriksa HIV/AIDS harus ada pelatihan terlebih dahulu, serta tidak sembarang orang bisa melakukannya,” paparnya pada Senin (30/11/2015).

Ismail juga menambahkan, pihaknya akan berupaya agar seluruh Puskesmas di Pamekasan bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS dengan melatih dokter yang ada. Namun diakuinya, 7 puskesmas tersebut sudah representatif, dari berbagai wilayah.

“Meskipun masih 7 puskesmas yang bisa melayani, tapi sudah bisa mewakili, sebab bisa mencakup beberapa wilayah,” tambahnya.

Ia menghimbau agar masyarakat pamekasan terus memeriksa dirinya dari HIV/AIDS. Dan masyarakat tidak perlu malu untuk mereksa. Karena penyakit tersebut termasuk ke dalam penyakit yang serius dan membahayakan. (MM/Brewok/Hai)

LEAVE A REPLY