Songsong Pemilu Damai 2019, KPU Buru Gelar KPU Run dan Jalan Santai

oleh
Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole, SH saat sambutan pada kegiatan KPU Run dan Jalan Santai di Lapangan Pattimura. (Foto: Kiswan/SorotPublik)

Penulis: Kiswan/Kiki

BURU, SOROTPUBLIK.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru, Maluku menggelar KPU Run sekaligus Jalan Santai di Lapangan Pattimura, Namlea, Sabtu (16/02/2019).

Giat tersebut dihadiri Wakil Bupati Buru didampingi Sekda Buru, Wakasdim 1506 Namlea, Rektor UNIQBU, Bawaslu Kabupaten Buru, dan anggota Forkopimda lainnya.

Ketua KPU Buru, Munir Soamole, SH, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan KPU Run tersebut dilakukan dalam rangka menyongsong pemilihan umum calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/Kota, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Tagline yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah Satu Tujuan Melangkah Bersama Pemilu Serentak Damai 2019 bertemakan Pemilu Berdaulat Negara Kuat.

“Hal ini mencerminkan adanya komitmen bersama antara semua pihak, baik masyarakat, penyelenggara, pengawas, peserta pemilu, pemangku kepentingan dan pihak keamanan TNI/Polri untuk menyelaraskan satu visi yakni menyukseskan pemilu serentak yang baru pertama kali digelar di tanah air kita agar bisa terleksana dengan aman damai dan tertib,” ungkapnya, Sabtu (16/02/2019).

Dalam kesempatan itu, Soamole juga melaporkan bahwa KPU Kabupaten Buru sudah melaksanakan beberapa tahapan pemilu. Di antaranya mulai dari pembentukan Badan Efek Pemilu yang terdiri dari 50 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sepuluh kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 246 orang yang tersebar di 82 desa.

“Pada akhir bulan ini hingga awal bulan Maret mendatang KPU melalui PPS di masing-masing desa akan merekrut tenaga sebanyak 2.863 orang sebagai calon anggota KPPS yang akan bertugas di 409 TPS  yang berada di Kabupaten Buru. KPU Kabupaten Buru juga telah menetapkan Daftar Pemilu Tetap (DPT) sebanyak 95.809 pemilih dan Minggu besok akan Dipleno Pemilih Khusus (DPK) serta Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dalam Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Buru,” jelas Soamole.

Sementara itu, Wakil Bupati Buru Amustafa Besan, SH mengajak seluruh masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam Pemilu 2019 nanti. Termasuk ikut menjaga kedamaian dan keamanan bersama TNI/Polri.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Buru saya berharap kepada semua masyarakat di Negeri Bupolo agar menjaga solidaritas kebersamaan, jauhkan isu sara dan Hoax dalam momentum Pemilu Serentak  2019 di Kabupaten Buru,” ungkap Amustafa.