Nelayan Sumenep Mulai Tidak Malaut

oleh

Sorotpublik.com – Sumenep, Puluhan sampan penangkap ikan diparkir di sebagian pelabuhan di Kabupaten Sumenep, karena ikan sudah mulai sulit.

Dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sumenep, salah satunya di Kecamatan Gapura, dan Kecamatan Dungkek, serta Kecamatan Talango.

Seperti yang dikatan oleh salah satu nelayan asal kecamatan Dungkek, Rusdi (30), bahwa para nelayan sudah banyak yang tidak melaut, tetapi bkan karena cuaca ekstrim, namun karena hasil tangkapan sudah tidak memadai terhadap oprasional sampannya.

“Kalau hasilnya sih ada, namun tidak cukup terhadap oprasionalnya, apalagi bahan bakarnya dan awal kapalnya kan juga perlu biaya,” tuturnya pada Rabu (06/01/2016).

Menurutnya para nelayan memilih tidak melaut, sebab jika tetap melaut bukan untung, malah akan rugi. Sementara penghasilan masyarakat setempat di berbagai daerah terseut tergantung terhadap hasil melaut. Hal ini membuat dilematis bagi nelayan.

Namun sebagian nelayan masih ada yang melaut, meskipun prolehannya sangatlah minim, ketimbang tidak ada penghasilan dan tidak ada aktifitas.

“Namun ada yang masih melaut, biasanya yang melaut mengurasi oprasionalnya. Atau hanya memberangkatkan beberapa armadanya saja,” Terangnya.

Selain itu juga hanya pemancing atau hanya sampan yang memiliki armada sedikit. Sehingga tidak perlu banyak mengeluarkan uang oprasional. (Dit/Fin)