Warga Desa Duwet Gelar Aksi Usut Kinerja Pemdes

0
223

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Sejumlah warga menggelar demonstrasi dengan berbondong-bondong mendatangi kantor Desa Duwet, Kecamatan Penarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Aksi ini diinisiasi warga untuk mengusut kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Duwet yang dinilai jauh dari harapan masyarakat.

“Kami datang kesini sebagai perwakilan dari masyarakat Desa Duwet yang tidak puas dengan kinerja Pemerintah Desa,” tegas Chandra Korlap aksi, Senin (12/03/2018).

Ia mengatakan, selain itu warga merasa curiga kepada Pemdes, karena kurangnya transparansi di dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan perealisasian program pembangunan.

“Kami melihat ada sedikit kejanggalan pada Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Desa Duwet tahun anggaran 2017. Sebab, pengajuan SPJ tidak melalui koordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” ungkapnya.

Di sisi lain, Edy Rahman selaku ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Duwet memberikan keterangan kepada sejumlah awak media bahwa, Pemdes Duwet telah melaksanakan program sesuai perencanaan dan menyelesaikan SPJ berdasarkan prosedur.

“Alhamdulillah untuk program kegiatan tahun anggaran 2018 sudah kami selesaikan semua. Namun, hanya ada satu kegiatan yang belum terselesaikan, yakni pemasangan paving di PAUD Seruni, karena bahan materialnya masih dalam pemesanan,” jelas Edy.

Edy menambahkan, terkait tuntutan warga yang meminta dirinya mundur dari jabatan sebagai ketua TPK. Menurutnya adalah hal yang biasa. Apalagi, ia mengaku diangkat sebagai ketua TPK untuk mengisi kekosongan jabatan.

“Saya diangkat menjadi ketua TPK di Desa Duwet pada tahun 2017. Itupun karena ketua TPK di Desa ini pada waktu itu masih kosong,” terangnya.

LEAVE A REPLY