Warga Ambunten Bikin Ritual Kulit Kambing di Area Pemakaman

oleh
Sosok kambing yang tergantung di pohon area pemakaman

Penulis: Molyadi/Editor: Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Sejumlah warga yang bermukim di Dusun Taroh, Desa Ambunten Barat, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membuat ritul setiap tahun dari kulit kambing yang tergantung dipepohonan area pemakaman Dusun setempat.

Satun (60), warga Dusun setempat menuturkan, bahwa ritual memasang kulit kambing yang menyerupai kambing mati tergantung dipepohonan itu, adalah ritual warga setempat yang setiap tahun digelar untuk menghormati leluhurnya yang di kebumikan di area pemakaman tersebut.

“Kalok kulit kambing yang tergantung dipepohonan area pemakaman itu sudah hal biasa bagi warga. Sebab ritual seperti itu kita gelar setiap tahun oleh sejumlah warga disini,” tuturnya, Senin (23/07/2018).

Satun memaparkan, dalam acara ritual tersebut biasanya sejumlah warga Dusun setempat menggelar doa bersama yang dihadiri puluhan warga dan di akhir acara ritual tersebut sejumlah warga menggantung kulit kabing di sebuah pohon yang berada di area pemakaman itu.

“Sebelum menggantung kulit kambing itu ada acara doa bersama yang dihadiri oleh puluhan warga setempat,” paparnya.

Berdasarkan pantauan jurnalis sorotpublik.com di area pemakaman tersebut, kulit kambing yang tergantung dipepohonan itu seperti ada aura mistis. Namun hingga saat ini belum ada warga setemapat yang memberikan informasi lebih detail terkait ritual tersebut.