Upacara HUT Bhayangkara Ke-73, Bupati Buru Sampaikan Amanat Presiden

oleh
Upacara HUT Bhayangkara Ke-73, Bupati Buru Sampaikan Amanat Presiden
Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi, SPI, MM didampingi Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati bersama Dandim 1506 Namlea Letkol Inf. Syarifuddin Azis dan Waka Polres Kompol Bachri Hehanussa saat memegang kue usai peringatan HUT Ke-73 Bhayangkara di Kota Namlea, Rabu (10/07/2019). (Foto: Adam's/SorotPublik)

Penulis: Adam’s/Kiki

BURU, SOROTPUBLIK.COM – Berlangsung di Lapangan Pattimura Namlea, Polres Pulau Buru, Maluku mengadakan Upacara HUT Bhayangkara Ke-73, Rabu (10/07/2019). Dalam kesempatan itu, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi menyampaikan amanat Presiden Jokowi.

Selain Bupati dan Kapolres Buru bersama jajaran perwira serta Bayangkari, kegiatan yang mewarnai Lapangan Pattimura itu menghadirkan Wakil Bupati Buru, Bupati Buru Selatan (Bursel) yang diwakili Asisten III, Ronny Lesnussa bersama pimpinan OPD kedua kabupaten.

Hadir pula Dandim 1506/ Namlea bersama jajaran perwira dan Persit Candra Kirana, Kajari Namlea bersama staf, Ketua PN Kelas II Namlea, para purnawirawan di tubuh Polri, tokoh agama, adat, pemuda, Dharma Wanita, dan sejumlah undangan lainnya.

Pasukan yang hadir dalam upacara kenegaraan tersebut selain Jajaran Kepolisian dan Kompi 3 Yon A Pelopor juga Satu Pleton TNI Kabaresi Jikumerasa, POM, Satpol PP, dan unsur Pramuka.

Masing-masing pasukan tersebut dipimpin Danki I Ipda Remon Soplantila, pasukan II Ipda Dede Rivay, SH, pasukan III Novit Harun Prasetio, dan pasukan VI oleh Ipda Inre Layan. Sedangkan perwira upaca dipimpin Agus Lenata serta Inspektur upacara Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi.

Selaku inspektur upacara, Bupati Ramly Ibrahim Umasugi membacakan sambutan Presiden RI. Ia menuturkan, atas nama rakyat, bangsa dan Negara Indonesia, Presiden mengucapkan selamat Hari Bayangkara Ke-73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian NKRI dinmana pun bertugas dan berada.

“Dan saya juga menyampaikan terima kasi dan penghargaan atas kerja keras pengabdian dan pengorbanan tanpa pernah mengenal lelah yang ditunjukan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya, Rabu (10/07/2019).

Di momentum yang baik itu, Umasugi menyampaikan bahwa presiden mengajak bersama-sama mendoakan para personel Polri yang gugur dalam bertugas memelihara keamanan.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa bemberikan balasan atas seluruh pengorbanan perjuangan dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi seluruh kelurga yang ditinggalkan,” ucap Umasugi.

Sementara itu, Kapolres Pulau Buru, AKBP Ricky Purnama Kertapati saat membacakan sambutan Kapolri mengatakan, Peringatan Hari Bayangkara terkait dengan terbitnya PP nomor 11 tahun 1946 mengisyaratkan bahwa Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden.

“Kami juga bersyukur sampai kini Polri tetap survive melaksanakan tugas sebagaimana diatur UU Polri yang kini telah memiliki 446.873 personel tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/ Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Selama tiga tahun, lanjut Kapolres, implementasi program Promoter telah menunjukan hasil yang baik dan kepercayaan publik terhadap publik.

“Polri pada tahun 2016 termasuk dalam 3 intitusi dengan kepercayaan publik rendah, dan saat ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibel, telah berada pada 3 besar lembaga yang dipercayakan publik,” tutur Kapolres Ricky.

No More Posts Available.

No more pages to load.