Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Gemarikan 2019

oleh
Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Gemarikan 2019
Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim saat meninjau Pameran Olahan Ikan di acara Sosialisasi Gemarikan Tahun 2019 di Taman Bunga Sumenep. (Foto for SorotPublik)

Penulis: Heri/Mi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Sosialisasi Gebyar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2019 di Taman Adipura atau Taman Bunga Sumenep, Rabu (03/07/2019) malam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan potensi laut yang ada di Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luas, dengan harapan dapat meningkatkan konsumsi ikan.

Gawai Dinas Perikanan itu dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim bersama Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumenep, Nurfitriana Busyro.

Hadir pula Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep yang diwakili Wakapolres Kompol Sutarno, S.H., Kajari Sumenep Bambang Panca Wahyudi Hariadi, S.H., M.H., dan Ketua Pengadilan Negeri Sumenep, Ahmad Bukhori, S.H., M.H.

Tak ketinggalan, Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma, M.H., Sekda Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si., serta segenap Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sumenep.

Ketua Forikan Sumenep Nurfitriana Busyro ketika sambutan menjelaskan, berdasarkan data yang dikantonginya, konsumsi ikan di Sumenep dalam beberapa tahun terakhir sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Bahkan, kata dia, konsumsi ikan di Sumenep tahun 2018 tertinggi di Jawa Timur, yakni naik menjadi 55,49 kilogram perkapita pertahun.

“Sebagai daerah maritim, Kabupaten Sumenep menjadi daerah penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Sehingga, dengan adanya program Gemarikan nantinya dapat memacu semangat bagi semua pihak, dalam memaksimalkan potensi perikanan,” katanya, Rabu (03/07/2019) malam.

Sementara Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim menegaskan bahwa potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Sumenep sangat perlu untuk dikelola dengan baik. Sshingga dengan program Gemarikan, ia yakin akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi perikanan di Sumenep terbesar di Jawa Timur. Sebab, Sumenep memiliki banyak pulau yang berpotensi menjadi lumbung ikan. Makanya, perlu dikelola dengan maksimal,” ujar Bupati Busyro.

Guna menarik minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan, dalam Gebyar Gemarikan tahun ini Pemkab Sumenep melalui Dinas Perikanan menggelar lomba olahan ikan dari berbagai jenis.

Harapannya, dengan lomba pengolahan ikan yang berbeda, juga pameran olahan ikan itu, dapat mengenalkan olahan ikan Sumenep kepada masyarakat luas.

“Tujuannya biar masyarakat luas tahu jika Sumenep bukan cuma daerah penghasil ikan, melainkan juga bisa mengolah ikan-ikan yang ada dengan berbagai macam olahan,” pungkas Bupati Busyro.

No More Posts Available.

No more pages to load.