Sebanyak 167 Sekolah Siap Ikuti UN

oleh

Sorotpublik.com – Bangkalan, Naskah Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA sederajat (SMA,SMK dan MA) sudah tiba di Kabupaten Bangkalan dan langsung di simpan Mapolres Setempat guna pengamanan kebocoran soal.

Paling sedikitnya 247 bok yang sudah siap untuk didistribusikan yang saat ini masih dalam pengamanan aparat kepolisian.

Risman Iriyanto, Kasi SMP/SMA/SMK Diknas Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengatakan, naskah soal UN 2016 tersebut disimpan di gudang Mapolres Bangkalan.

“Soal gudang ini pun dikunci dengan tiga macam gembok yang dipegang 3 pihak berbeda, jadi dengan seperti itu, pengamanan akan lebih terjaga,” jelasnya.

Ia menambahkan jika UN kali ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan UN tahun lalu.

“Jumlah naskah UN ada pengurangan dari tahun lalu, yakni dikurangi 8 lembaga SMK terdiri dari 7 SMK negeri dan 1 SMK swasta yang menerapkan UNBK,” sambungnya.

Ketika disinggung mengenai sekolah yang siap mengikuti UN, ia menyebutkan bahwa jumlah total lembaga menyelenggara Ujian Nasional tingkat SMA/SMK sebanyak 167 lembaga Negeri dan Swasta. “Sementara jumlah total peserta sesuai Daftar Nominasi Tetap (DNT) sebanyak 9.314 siswa,” tambah Risman.

Pihaknya berharap seluruh peserta UN SMA SMK dan MA Bangkalan 2016 bisa lulus 100 persen seperti pada tahun sebelumnya. (Mc/Fin)