Polres Pamekasan Pastikan Kondusifitas Selama Ramadhan

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMKepolisian Resort (Polres) Pamekasan Madura Jawa Timur, memastikan selama bulan Ramadhan akan tetap kondusif. Bahkan untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif selama berlangsungnya bulan ramadhan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan operasi pekat kesejumlah titik daerah.

Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho mengatakan, dalam operasi tersebut sasarannya adalah sejumlah penyakit masyarakat dan berbagai kemungkinan adanya kegiatan masyarakat yang dapat menyebabkan terganggunya pelaksanaan ibadah warga muslim di wilayah hukum Polres setempat.

Upayanya tersebut, menurutnya dalah sebagai langkah awal guna menjamin terjaganya keamanan, kenyamanan dan kekhusukan warga muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan hingga perayaan idul fitri 1438 H.

“Demi menciptakan situasi aman tertib dan kekhusukan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, tentunya jajaran kepolisian yang pertama dalam waktu dekat ini akan melaksanakan operasi pekat terkait dengan petasan, penyakit-penyakit masyarakat, perjudian dan lain-lain,” jelas Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho. Minggu (21/05).

Ia juga menegaskan, bahwa aparat kepolisian di jajarannya tidak akan mentoleransi setiap pelanggaran hukum yang terjadi terutama selama bulan ramadhan, termasuk kemungkinan masih adanya oknum masyarakat yang memaksa menjual atau  menggunakan petasan, miras, judi dan balap liar, disamping berbagai tindak kriminalitas lainnya.

“Kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kenyamanan dan kekhusukan masyarakat didalam melaksanakan ibadah akan kami tindak tegas tampa terkecuali, apalagi yang dapat membahayakan pelakunya maupun orang lain tentu menjadi salah satu atensi kami,” Tegasnya.

Selain mengintensifkan pengamanan pada waktu-waktu tertentu sesuai saran dari sejumlah tokoh masyarakat, pihaknya juga akan memaksimalkan kinerja aparatnya melalui giat patroli atau hunting secara acak ke sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Pamekasan.

“Dalam hal ini, personel kepolisian akan kita optimalkan untuk melakukan pengamanan terutama pada saat menjelang berbuka hingga selesainya sholat taraweh dan saat sahur hingga menjelang waktu imsak,” Imbuhnya.

Untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif tersebut, AKBP Nowo Hadi Nugroho mengharapkan peran aktif masyarakat untuk membantu tugas kepolisian dengan memberikan informasi secara cepat dan akurat kepada pihak kepolisian apabila terjadi berbagai gangguan atau terjadinya tindak kriminalitas ditengah masyarakat.

“Nanti kita akan sebarkan edaran agar masyarakat ikut berperan aktif menciptakan suasana kondusif dan tidak melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah serta keamanan di lingkungan masing-masing,” Pungkasnya.