Peringati Hari Sampah Nasional 2019, Ini yang Dilakukan Jajaran Forkopimda Situbondo

oleh
Pemkab Situbondo bersama jajaran Forkopimda, LPM Merak dan ribuan masyarakat melaksanakan giat bersih-bersih di bibir pantai Desa Kliensari, Kacataman Panarukan, Kabupaten Situbondo. (Foto: Ainur/SorotPublik)

Penulis: Ainur/Kiki

SITUBONDO, SOROTPUBLIK.COM – Memperingati Hari Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo bersama jajaran Forkopimda, LPM Merak dan ribuan masyarakat, melaksanakan giat bersih-bersih di bibir pantai Desa Kliensari, Kacataman Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan bertajuk “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” ini, diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Situbondo, di mana seluruh stakeholder dan sekitar 2.000 orang masyarakat dari semua kalangan, bersatu melaksanakan bersih-bersih membebaskan pantai dari sampah plastik,” ujar Kapolres dalam pidatonya, Kamis (21/02/2019).

Kapolres menerangkan, sampah adalah ancama bersama. Makanya, ia mengajak kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia tahun 2020 bebas sampah plastik.

“Kami mengajak seluruh masyarakat lebih bijak menyikapi sampah dimulai dari lingkungan sekitar. Apalagi Indonesia secara internasional menempati negara keempat sebagai negara tercemar sampah plastik,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Situbondo, Kapolres, Dandim 0823 bersama seluruh elemen masyarakat melakukan deklarasi Peduli Sampai Nasional 2019 yang isinya sebagaimana berikut:

1. Bersedia melakukan perilaku hidup sehat untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan menjadi bersih dan indah.

2. Kami bersedia mengelola sampah dengan sistem 3R (reuse, reduce, recyle).

3. Kami bersedia mengawasi dan menjaga lingkungan yang bersih untuk pelestarian lingkungan hidup yang berkesinambungan.

4. Kami bersedia dikenakan sanksi hukum yang berlaku apabila melanggar ketentuan peraturan daerah Kabupaten Situbondo.

No More Posts Available.

No more pages to load.