Pendafar KTP Membeludak, Disdukcapil Sumenep Kelabakan

oleh -705 views

Sorotpublik.comSumenep, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kelabakan, pasalnya Pendaftar Kartu Tanda Penduduk (KTP) menbeludak hingga mencapai 500 pemohon. Padahal alat cetaknya hanya satu yang beroperasi.

“Mesin yang digunakan untuk mencetak KTP masih 1 alat, perharinya hanya bisa mencetak 170 keping KTP. Sedangkan yang mendaftar setiap harinya hingga mecapai 500 pemohon,” kata Imam Subakti selaku Kabid Pelayanan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Sumenep, Jum’at (18/03/2016).

Ia menambahkan, jika pendaftar paling banyak 170 perharinya maka prosesnya akan cepat dan gampang. Dan bisa selesai dalam satu hari, namun jika melebihi dari angka tersebut. Maka akan ada yang terbengkalai dan akan di cetak keesokan harinya.

“Walaupun hanya bisa melayani 170 pendaftar setiap harinya, kami tidak membatasi pemohon,” imbuhnya.

Dan pihaknya telah mengusahakan pengadaan mesin cetak KTP kepada pemkab Sumenep, agar proses percetakan KTP di Sumenep semakin lancar dan pemohon tidak terlalu lama menunggu.

“Kami upayakan ada penambahan alat, jadi kalau sudah alat cetaknya bertambah akan bertambah juga jumlah yang akan dicetak setiap harinya,” pungkasnya. (Fin)